Jumat, 31 Januari 2014

LASAGNA



Punya stok lasagna ini sudah lumayan lama di lemari, biasa ... suka lapar mata kalau lagi ke supermarket :$ Di petunjuk kemasannya sih "ready to bake", ga perlu direbus gitu. Tapi pas aku coba kok nggak bisa mateng ya huaaaaaa. Akhirnya aku coba buat lagi dengan cara direbus dulu, dan berhasil yipieee. Karena aku nggak punya pinggan tahan panas persegi, aku pakai aja loyang aluminium foil yang sekali pakai ... adanya yang bulat, ya sudah itu aja deh. Yang penting kan rasanya hehehe. Oh iya, pas buat ini harusnya disetiap lapisan kan dikasih keju tuh ... aku kelupaan :$ jadinya semua keju aku taburkan di atasnya aja deh daripada mubazir :D Anakku sukaaa banget sama hasilnya, alhasil sarapannya seperempat loyang sendiri deh dia. Pas ini aku cobain pake keju mozzarella lokal merk "Greefields" produksi Malang-Jawa Timur. Nggak seenak aslinya sih, harga membawa rasa kan ya ;) Resepnya aku ambil dari buku resep Sedap, tapi sudah disesuaikan dengan selera dan bahan yang aku punya.

Bahan :
  • 500 gr daging sapi giling
  • 2 sdm minyak zaitun
  • 3 buah bawang bombay, cincang halus
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 3 buah wortel, potong dadu kecil
  • 3  buah tomat, rebus dan cincang
  • 6 sdm tomat pasta
  • 3 sdt oregano
  • garam dan gula secukupnya
  • 300 ml kaldu daging sapi
  • 10 lembar lasagna, rebus
  • 500 gr keju mozzarella

Cara membuat :
  1. Panaskan minyak zaitun, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.
  2. Masukkan daging sapi, aduk sampai berubah warna. Tambahkan wortel,tomat, tomat pasta. oregano, garam, gula, dan kaldu sapi. Aduk sampai matang dan air menyusut.
  3. Tata lasagna di dalam pinggan, beri daging, taburi keju mozzarella. Ulangi lapisan hingga semua bahan habis.
  4. Oven 30 menit dengan api bawah 170 derajat Celcius hingga matang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar