Rabu, 09 April 2014

MACARONI SCHOTEL



Lagi-lagi cobain resep selain nasi sebagai menu utama buat anak saya yang lagi bosyen makan nasi alias rewel. Dia suka banget sama sesuatu yang berbau susu dan keju ... wah, kebalikan emaknya nih ya. Rasanya enak banget, terasa susu dan kejunya yang berlimpah. Selain itu juga memakai kacang polong yang banyak manfaatnya, antara lain : menurunkan kolesterol jahat dalam darah, mengatasi konstipasi, mencegah penyakit jantung, dsb

Resep ini aku ambil dari Sajian Sedap. Resepnya aku tulis lagi aja ya :) Selamat mencoba !

Bahan-bahan/bumbu-bumbu:
  • 150 gram makaroni kecil, direbus bersama 1 sendok makan minyak dan 1/2 sendok teh garam
  • 2 siung bawang putih, dihaluskan
  • 1 sendok makan tepung terigu
  • 100 gram ayam giling
  • 500 ml susu cair
  • 2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh pala bubuk
  • 1 1/4 sendok teh gula pasir
  • 40 gram kacang polong
  • 50 gram keju cheddar, diparut
  • 4 butir telur, dikocok lepas
  • 2 sendok makan margarin untuk menumis
  • 25 gram keju cheddar parut untuk taburan


Cara membuat:

  1. Panaskan margarin. Tumis bawang putih sampai harum. Tambahkan daging ayam giling. Aduk-aduk sampai berubah warna. Masukkan tepung. Aduk hingga berbutir. Tuang susu sedikit-sedikit sambil diaduk licin.
  2. Tambahkan makaroni, garam, merica bubuk, pala bubuk, dan gula pasir. Masukkan kacang polong dan keju parut. Aduk rata. Angkat. Biarkan dingin. Tambahkan telur. Aduk rata.
  3. Tuang adonan ke dalam pinggan tahan panas yang sudah dioles margarin. Letakkan pinggan berisi adonan di dalam  loyang yang ditambah sedikit air.
  4. Oven dengan api bawah suhu 190 derajat Celcius 20 menit sampai tiga perempat matang. Taburi keju parut. Oven lagi 15 menit hingga matang.

 Untuk 8 potong

Sabtu, 05 April 2014

SARDEN HIJAU



Ini menu lain kalau lagi males masak :D Sarden Hijau. Caranya gampang bangetttttt xixixi pergi saja ke minimarket terdekat ... cari sarden cabai hijau keluaran "KING'S FISHER". Tulisan di kemasannya SARDINES in Green Chilli. Tersedia dalam 3 ukuran kaleng kalau nggak salah ... kaleng kecil berisi 3 ekor ikan sardin, kaleng sedang (yang aku pakai ini), sama kaleng besar. Cumannnnnn, ada cumannya nih ya :P aku terlalu bersemangat ngeluarin isi kalengnya :( yang ada sebagian ikannya hancur berantakan hiks hiks hiks makanya nggak jelas bentuknya waktu difoto. Gpp deh, yang penting enakkkkkk

Bumbu (iris kasar saja) :
  • 3 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • 3 buah tomat hijau
  • 5 buah cabai hijau
  • 5 buah cabai rawit hijau (bisa ditambah kalau suka pedas)
  • garam dan gula secukupnya
  • minyak untuk menumis

Cara membuat :
Tumis semua bumbu hingga harum, masukkan ikan sardin kaleng. Masak hingga meletup.

Ini yang kedua kalinya aku masak sarden cabai hijau ini ... yang pertama coba-coba, jadinya beli yang kaleng kecil aja. Aku masak untuk menu makan siang waktu itu :D sama nasi hangat, ludes deh semuanya :$ lapar apa doyan ya ??? :P Jadinya pas ini aku beli yang kaleng ukuran sedang aja, sekalian masak buat suami dan katanya enyakkkkkkkkkkkkkkk


Senin, 31 Maret 2014

LEMON SWISSROLL



Resep ini aku ambil dari buku "Kreasi Bolu Gulung" punya Sedap ... judul aslinya "Bolu Gulung ala Chiffon". Cuman, karena aku punya sisa jeruk lemon buat masak ikan tempo hari dan mubazir kalo dibuang (lemon kan lagi jual mahal Rp 70.000,- sekilo) jadinya ya aku pakai saja. Lemonnnya sih cuma satu aja :D tapi berhubung ini jenis rollcake, jadi cukuplah untuk aroma dan rasa lemon yang kuat. Apalagi untuk fillingnya aku pakai "Lemon Flavoured Compound Chocolate" punya Colatta, tambah tajam aja deh rasa lemonnya.

Oh iya, resep ini sudah aku ubah sebagian sehingga jadi lebih ekonomis ^_^ Jadi selain enak dan lembut, juga sangat cocok untuk bakulan atau cemilan tanggal tua :D Tinggal menyesuaikan rasanya aja, kan nggak harus pakai si lemon yang lagi jual mahal ini. Tempo hari aku pernah buat yang rasa green tea ... harusnya kan pakai loyang ukuran 28cm, nah karena aku nggak punya :( aku pakai aja yang ukuran 26 cm. Hasilnya ? Terlalu tebal dan susah digulung uhmm. Jadi kali ini aku pakai loyang ukuran 30 cm aja biar aman.

Bahan :
  • 125 gr tepung terigu protein rendah
  • 50 gr gula pasir halus
  • 75 gr minyak goreng
  • 100 ml susu cair ( aku ganti dengan air jeruk lemon 1 buah + air )
  • 5 kuning telur
  • 5 putih telur
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt cream of tartar
  • 75 gr gula pasir ( terlalu manis buat aku, sebaiknya pakai 50 gr aja )
  • 75 gr selai jeruk untuk olesan ( aku pakai 75 gr Lemon Flavoured Compound Chocolate yang ditim )
  • lemon zest daari 1 buah jeruk lemon ( karena aku mau rasa lemon )

Cara membuat :
  1. Ayak tepung terigu. Tambahkan gula pasir halus, aduk rata.
  2. Campur minyak goreng dan campuran air jeruk lemon sampai rata. Tuang ke campuran terigu sedikit-sedikit sambil diaduk rata.
  3. Tambahkan kuning telur. Aduk rata. Sisihkan.
  4. Kocok putih telur, garam, dan cream of tartar sampai setengah mengembang. Tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil dikocok sampai mengembang.
  5. Tuang ke campuran tepung terigu sedikit - sedikit sambil diaduk perlahan. Tambahkan lemon zest, aduk asal saja.
  6. Tuang di loyang 28x28x4 cm yang telah dialas kertas roti tanpa dioles margarin.
  7. Oven 30 menit dengan suhu 180 derajat Celcius.
  8. Oles cake dengan cokelat tim. Gulung dan padatkan.

Keterangan :
Lemon zest adalah parutan kulit jeruk lemon. Hati-hati waktu memarut, jangan sampai terkena bagian putihnya karena akan menghasilkan rasa pahit.

Tips :
Wadah yang digunakan untuk mengocok putih telur harus bersih ( bebas minyak ), agar putih telur dapat mengembang sempurna

Jumat, 28 Maret 2014

SEMAR MENDEM / LEMPER



Wah, foto ini sudah lama sekali ya teman-teman ^_^ maaf, ketinggalan posting :$ Pas bersih-bersih file eh kok nemu yang ini hihihi.
Ini adalah lemper isi daging ayam ... karena nggak punya daun pisang, akhirnya aku akalin aja pake telur dadar. Nah, lemper yang dibungkus telur dadar ini biasanya disebut "SEMAR MENDEM"
Resep aslinya aku ambil dari Sajian Sedap, cuman aku tambahkan beberapa bahan sedikit saja.
Simak resepnya yuk !

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :

  • 200 gram beras ketan, direndam 1 jam, ditiriskan
  • 1 lembar daun salam
  • 2 lbr daun jeruk, potong dua
  • 1 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan
  • 1 cm jahe, memarkan
  • 3/4 sendok teh garam
  • 125 ml santan dari 1/4 butir kelapa
  • daun pisang untuk membungkus (aku skip)

Bahan Isi:
  • 2 buah paha ayam atas bawah
  • 500 ml air
  • 1 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lbr daun jeruk. potong dua
  • 3/4 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 100 ml santan dari 1/4 butir kelapa

Bumbu Halus:
  • 6 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri, disangrai
  • 1 sendok teh ketumbar
  • sejumput jinten
  • 1 cm jahe

Pembungkus (buat menjadi telur dadar tipis)
  • 2 btr telur
  • 50 ml air
  • 2 sdm terigu
  • 2 sdm minyak goreng

Cara Pengolahan :
  1. Isi: rebus ayam dan air sampai matang. Angkat ayam. Suwir-suwir dagingnya dan ukur 250 ml air kaldunya.
  2. Campur ayam, bumbu halus, serai, daun salam, daun jeruk, garam, merica bubuk, gula pasir. Aduk rata. Tuang air kaldu. Masak sampai mendidih. Tuang santan. Masak sampai meresap. Dinginkan.
  3. Kukus beras ketan 20 menit. Angkat.
  4. Rebus santan, daun salam, daun jeruk, jahe, serai, dan garam sampai mendidih. Matikan api. Tambahkan beras ketan. Masak sampai meresap. Angkat dan kukus 30 menit sampai matang.
  5. Ambil sedikit ketan. Pipihkan. Beri isi. Bentuk lonjong. Bungkus dengan telur dadar.
Untuk 9 buah

Rabu, 26 Maret 2014

MENU SEHARI

mangkok ayam yang ga kelihatan gambar ayamnya :(

piring kaleng jadoel


Bukannya saya berniat jadi vegetarian, tapi ini memang menu saya tempo hari. Setiap musim si "Pete" ini, saya usahakan makan sekali saja :D supaya nggak sering terjadi polusi xixixi. Sebenernya yang mau dipamerin mangkok ayamnya :P tapi kok gambarnya ngumpet sih hiks hiks hiks. Kalau piring seng ini kan sudah sering saya pakai sebelumnya ... nitip beli sama mertua di kampung, dapetnya cuman 3 ini karena yang jualan juga nggak setiap saat mangkal alias berpindah-pindah tempat dagangannnya dari pasar yang satu ke pasar yang lain gitu.

Menunya sih biasa saja, terong balado dan oseng-oseng tempe petai. Tapi buat saya menu ini istimewa :D Soalnya, saya harus masak dobel alias bikin menu lain buat anak saya yang belum terlalu kuat makan pedas. Maklum, kalau pedas ukuran saya tuh emang benar-benar pedas sih ya :P Maaf juga meski sekarang sudah bulan April, tapi fotonya masih edisi Maret 2014 :P

Untuk resep Terong Balado, klik disini
Untuk resep Oseng Tempe, lihat disini

Isi Oseng Tempenya agak beda dengan di resep ya, bisa divariasikan sesuai selera saja :) Kali ini saya memakai tempe, petai, cabai hijau, dan daun bawang saja. Bumbunya ya biasa saja ... bawang dan cabe. Dimakan sama nasi putih saja selagi hangat hmmmm enak banget buat saya ^_^ Selamat mencoba !

TERANG BULAN / MARTABAK MANIS






Kepengen terang bulan tapi bulan nggak terang ?  :D eh maksud saya belum ada yang jual gitu. Kan biasanya baru banyak dijajakan mulai sore hari. Buat sendiri aja ... tapi yang ini versi ekonomis ya teman-teman ^_^ karena menggunakan sedikit telur. Jangan kuatir, rasanya tetep enak dan empuk kok. Ya lumayanlah buat tombo kangen di tanggal tua hehehe.

Ubek-ubek resep online, eh nemu blognya mbak Hesti. Biasanya sih resep mbak Hesti ini enak-enak, dan fotonya itu lho ! Bagus bangettttt :) secara kamera yang dipake beda lah sama saya :D Saya kan amatiran, iseng-iseng aja gitu :P Semoga besok-besok foto saya bisa sebagus punya mbak Hesti ya ;)
Oh iya, sebelumnya mohon maaf ya mbak Hesti :D saking bersemangatnya buat terang bulan, sampai-sampai saya salah baca resep ... yang harusnya "SODA KUE/BAKING SODA" kebacanya malah "BAKING POWDER" huaaaaaaa untung saja tetep enak nih kue, cuman seratnya jadi lebih mendekati ke roti. Apakah ada hubungannya ya ???

Satu resep jadi 3 loyang, karena saya pake cetakan terang bulan kayak yang dijual dipinggir jalan itu lho ! Cuman punya saya bukan terbuat dari kuningan ... untuk lebih jelasnya, coba lihat disini. Loyang pertama saya isi dengan keju cheddar olahan sebanyak 1/2 pack hmmmm puas banget deh makan kejunya :D Loyang kedua saya isi dengan cokelat meises yang banyak juga hehehe jadinya legitttt. Loyang terakhir ditaburi cokelat meises dan keju hmmmm yang ini paling tebel isinya enyakkkkkk. Jangan ditiru ya teman-teman, selain membatalkan diet anda, juga sangat tidak ekonomis :D
Loyang terakhir yang agak parah, seratnya roti banget :( tapi tetep empuk lho sampe keeseokan harinya. Untuk resepnya, silahkan klik disini




BAKWAN TAHU CORNED



Satu lagi menu kalo saya lagi bangun kesiangan ^_^ Bikinnya gampang dan cepat, rasanya juga enyakkkkk

Bahan :
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 4 potong tahu kukus, haluskan (tergantung ukuran, pokoknya sampe nggak ada cairan)
  • 1 kaleng kecil corned beef
  • 1 siung bawang putih, haluskan
  • garam dan merica secukupnya
  • daun bawang, cincang halus (optional)

Cara membuat :
  1. Campur semua bahan, bentuk bulat.
  2. Goreng dalam api sedang hingga kecoklatan.

Tips :
  • Supaya tidak ambyar / pecah waktu digoreng, sebaiknya menggunakan banyak tahu sampai kira-kira tidak ada cairan telur yang terlihat.
  • Pada saat mengoreng, jangan diisi terlalu banyak agar tidak pecah dan matangnya merata.