Rabu, 20 November 2013

Lapis Surabaya


Seumur-umur baru kali ini kesampaian bikin kue Lapis Surabaya ini :) mikir-mikir soalnya, kalau gagal rugi banget karena memakai banyak telur. Duluuu banget pernah buat cake yang menteganya dikocok  dan hasilnya bantat hiks hiks hiks, jadi agak takut mau bikin lagi :(
Maaf kali ini nggak bisa dipotong kuenya ya :D karena ini request sepupu saya yang tinggal nun jauh disana hehehe lebay deh n mau dibawa balik kesono. Dan kebetulan sempat mudik kesini tempo hari :) harusnya sama nastaart juga sih, tapi stok selai lagi habis dan aku nggak sempet buatin hiks hiks hiks maap ya ...
Untuk selai nanas, karena aku biasa bikin sendiri jadi kurang sreg kalau beli di toko bahan kue ... selain kurang kering (harus dimasak ulang, kalau nggak kuenya cepat berjamur karena basah ) juga terlalu manis. Kalau bikin sendiri kan bisa disesuaikan sama selera masing-masing, selain itu bebas bahan pengawet dan pemanis buatan ( mengingat harga gula yang semakin menjulang, kebanyakan kalau beli jadi dikasih pemanis )
Kue Lapis Surabaya ini enak sekali, empuk nyes nyes gitu lho ! ( hihi aku coba pinggirannya aja ) Kali ini aku memakai full butter ya, bukan margarin ... jadi rasa susunya lebih tajam, pas dengan lidah sepupu saya itu yang suka banget susu ;) Mendingan kita intip resepnya langsung yuk !

Bahan untuk setiap lapis:

 

10 btr kuning telur
100 gr gula pasir
125 gr mentega, kocok hingga mengembang dan pucat
50 gr tepung terigu
1 sdm coklat pasta untuk adonan coklat
Selai strawberry

 Cara membuat:

  1. Kocok telur dan gula hingga kental, matikan mixer.
  2. Masukkan mentega kocok, aduk rata. Masukkan tepung terigu. Aduk rata.
  3. Tuang kedalam loyang tipis 22x22x4 cm yang sudah dioles margarine dan dialasi kertas roti. Oven 20 menit, suhu 180 derajat Celsius hingga matang.
  4. Buat 3 lapis adonan. Untuk adonan coklat, tambahkan 1 sdm coklat pasta, aduk rata.
  5. Ambil satu lapis cake kuning, olesi dengan selai, tumpuk dengan cake cokelat. Olesi selai, tumpuk dengan cake kuning. Potong rapikan pinggiran cake.

Source : NCC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar