Senin, 30 Juni 2014

DOUBLE CHOCOLATE MUFFINS








Bahan :

  • 300 gr tepung terigu serbaguna
  • 80 gr cokelat bubuk
  • 1 sdm baking powder
  • 1/2 sdt soda kue
  • 1/4 sdt garam
  • 250 gr gula pasir
  • 100 gr mentega, lelehkan (aku pakai mentega tawar)
  • 250 ml buttermilk (aku pakai susu UHT+1sdm air jeruk lemon)
  • 2 btr telur ukuran besar (aku pakai 3)
  • 150 gr dark cooking chocolate (aku pakai 100 gr DCC, 50 gr chocolate chips)

Cara membuat :
  1. Panaskan oven suhu 200 derajat Celcius.
  2. Siapkan loyang cupcake ( aku pakai cup standar )
  3. Campur tepung, cokelat bubuk, baking powder, soda kue, dan garam dalam mangkuk. Sisihkan.
  4. Kocok gula, mentega, buttermilk, dan telur dalam mangkuk besar.
  5. Tambahkan bahan kering dan aduk hingga rata. Masukkan DCC, sishkan 1/4 nya untuk taburan.
  6. Bagi adonan menjadi 12 bagian, taburi sisa DCC.
  7. Oven 18-21 menit ( atau lakukan tes tusuk )
Aku buat muffin ini karena punya lebihan cokelat bergambar (pakai transfer image, sisa bikin orderan) hihihi daripada dibuang sayang kan ya ? Makanya terlihat warna kuning dan hijau menyembul di permukaan.
Muffin ini enak sekali rasanya ... moist, gurih susu, dan manis hmmmm enak tenan. Cuman, menurutku cup diisi 3/5 aja deh supaya cantik dan nggak luber kayak punyaku :D Kelihatan seperti swamp thing si mahluk rawa jadinya hihihi
Oh iya, sekedar tips : untuk waktu pemanggangan, sebaiknya disesuaikan oven masing-masing ya. Supaya nggak overbaked, keluarkan saja dari oven meskipun masih ada sedikit adonan menempel waktu dilakukan tes tusuk. Jadi setelah dingin, muffin nggak kering alias tetep moist. Selamat mencoba !

Source : Call me cupcake

Tidak ada komentar:

Posting Komentar