Kamis, 03 Oktober 2013

Nastar Keju ala Ny. Liem


Mungkin ini terlambat kalau mau ngepos tentang cookies ya, karena lebaran kan sudah lewat hihihi. Tapi memang aku bikin nastaart ini setelah lebaran, iseng-iseng cobain resep yang baru karena bahan sisa jualan lebaran kemarin masih ada. Kalau untuk jualan sih, aku tetep pake resep aku sendiri ya, nggak pernah merubah resep. Sekali-sekali pengen cobain yang lain kan nggak apa-apa :) Siapa tahu lebih enak hehehe kan bisa bikin produk premium. Bukan maksud menguasai pasar sih, tapi sekedar mencari kesibukan untuk mengurangi rasa bosan. Anakku kan sudah SD sekarang, jadi sudah agak mandiri dan aku punya waktu lebih buat hobiku.

Seperti biasa, aku minta tolong sama mbah Google untuk cari resep ... ternyata nemu blog temen saya mbak Nina :) resepnya enak-enak lho ! Pas menjelang lebaran kemarin ada orderan Chiffon Cake Pandan, aku nyontek resepnya mbak Nina ini dan hasilnya enakkk banget :) Alhamdulilah konsumen puas, terima kasih ya mbak Nina ;) Tapi maaf nggak sempet difoto nih kuenya. Nah, sekarang giliran aku buat nyontek resep nastar keju ala Ny. Liem ini hihihi. Eh tapi mbak Nina juga nyontek dari Camelia Home, jadi contek menyontek nih ceritanya :D Nggak apa-apa kan bukan ulangan ya ? ;)

Untuk mengumpulkan mood baking setelah selesai bakulan aja butuh waktu beberapa minggu ... akhirnya terlaksana juga hehehe meskipun ada kesalahan saat proses pembuatannya. Stok selai nanas cukup untuk satu resep ini, tapi nggak punya keju parmesan. Hmmm aku ganti pake keju edam dicampur dengan keju cheddar deh akhirnya. Nah pas buka kulkas cari keju cheddar eh salah ambil sama keju quick melt huaaaaaaaaa terpaksa deh dipungutin sedikit-sedikit yang kira-kira warnanya sama :( Nggak semuanya terambil sih, tapi paling nggak cuman sedikit yang tercampur ... takutnya mempengaruhi rasa kukisnya hiks hiks hiks ...

Kue ini teksturnya padat, nggak seperti resep aku yang cenderung ngeprul (apakah Bahasa Indonesianya ??? ) Jadi agak berat juga, tapi rasa susunya lebih tajam ditambah rasa keju yang royal hmmm kebayang kan enaknya :) Cocok buat lidah yang cenderung kebaratan ;) Mendingan kita intip langsung resepnya yuk !


Bahan A :
  • 100 gr butter
  • 50 gr margarin
  • 60 gr gula kastor
  • 2 kuning telur
  • 1 putih telur
  • 1/2 sdt essens susu ( aku nggak pake )

Bahan B :
  • 150 gr keju parmesan ( aku memakai 75 gr keju edam + 75 gr keju cheddar parut halus )
Bahan C ( campur dan ayak ) :
  • 25 gr susu bubuk full cream
  • 300 gr tepung terigu protein sedang
Bahan D ( untuk olesan ) :
  • 3 kuning telur kocok lepas
  • keju cheddar parut memanjang secukupnya
Isian :
  • Selai nanas homemade


Cara Membuat :
  • Campur dan kocok bahan A hingga rata dan mengembang, masukkan bahan B, kocok sebentar hingga rata.
  • Masukkan bahan C sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan dengan memakai sendok kayu.
  • Bulatkan adonan (atau bentuk sesuai selera), beri isian selai nanas yang sebelumnya sudah dipulung (dibulatkan). Tata di loyang yang telah dioles tipis margarin. Lakukan hingga adonan habis
  • Oles dengan kuning telur dan taburi dengan keju cheddar parut.
  • Oven dengan suhu 150'C selama kurang lebih 15-20 menit hingga matang kecoklatan.
  • Dinginkan di atas cooling rack dan masukkan ke dalam wadah kedap udara.

Selamat mencoba ! Dan jangan lupa tuliskan pengalamanmu ya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar