Kamis, 28 Februari 2013

Original French Macaron with Chocolate Ganache




Ini gara-gara penasaran banget sama yang namanya macaron, browsing resep kok manisssss banget yah :( padahal aku nggak begitu suka sama yang terlalu manis hmmmmm lagian pernah sekali bikin tapi gagal. Akhirnya setelah lamaaaaaaa baru pengen bikin lagi. Lagian disini jarang banget yang jual, bakery terkenal sekalipun.

Kebetulan ada latihan bareng di salah satu grup yang aku ikuti, lokasinya juga nggak jauh dari rumah. Pas banget deh kayaknya hehehe walaupun telat dikit (karena nunggu anakku berangkat sekolah), akhirnya kesampean juga ngikutin. Seumur hidup baru sekali ini ikutan latbar, kepengen ikut kursus belum sempat juga. Jadwalnya nggak pas sama anak sekolah sih.

Sekalinya ikut latbar, kacau deh :( Aku salah liat timbangannya hehehe perlu kacamata kuda kali ye hihihi maaf ya mbak Nina, akibat terlalu semangat ini. Punyaku jadinya terlalu kental dan liat, terpaksa deh dikocokin putih telur dan gula lagi jadinya. Tapi hasilnya nggak ada kakinya sama sekali, walaupun garing kemripik eh renyah gitu maksudnya. Tapi pantang menyerah, pas besoknya ada waktu sedikit (begadang jadinya hehehe) langsung buat dan ini hasilnya !

Belum diisi ganache aja aku n anakku dah habis banyak :D rasanya pas, nggak terlalu manis. Tapi sayangnya banyak juga yang hasilnya merekah atasnya, mungkin karena ukuran kuenya imut dan apinya terlalu besar. Selain itu, tanganku nggak mau diajak kompromi ... nggak bulet2 banget hasilnya, coba bandingkan dengan yang ini. Kaki kriwilnya berkembang ke arah luar, kalau punyaku lurus aja ke bawah. Bulet n mengkilap banget hasilnya, sedangkan punyaku kok burem yah ? Kayaknya apinya deh yang kepanasan, walaupun tanpa pewarna ... hasilnya kecoklatan. Wes nggak papa deh, yang penting enak :D Maklum amatiran. Makasih ya mbak Nina buat resep dan tipsnya.

Bahan :
  •  60 gr almond bubuk
  • 115 gr gula halus
  • 75 gr putih telur
  • 25 gr gula pasir
  • 1/2 sdt esens vanila
  • 1/4 sdt cream of tartar

Cara membuat :
  1. Campur almond bubuk dan gula halus. Ayak dan sisihkan.
  2. Kocok putih telur, gula pasir, dan cream of tartar hingga kaku.
  3. Masukkan campuran tepung. Aduk dengan spatula hingga menyerupai lava.
  4. Spuit adonan dengan bantuan plastik segitiga. Diamkan selama 30 menit dalam ruangan ber-AC.
  5. Oven 150 derajat Celcius selama 12 menit. Biarkan dingin.

Ini caranya aku buat lebih singkat ya, dan memang cara ini yang aku pakai (karena nggak telaten :D )
Untuk resep ganache klik disini. Selamat mencoba !



2 komentar:

  1. sudah cakep gitu kok mbak....

    BalasHapus
  2. hehehe makasih mbak Rita Fahry, belum secantik yang dijual di luaran. Bentuknya belum bundar seperti topi
    salam
    dapoer-imoet

    BalasHapus