Sabtu, 08 Juni 2013

Birthday Cake


Hehehe niatnya belajar menghias kue ulang tahun pake butter cream ... mumpung ada sisa buttercream karena bikinin keponakan Bday Cake tempo hari, walaupung sekarang nggak ada yang lagi ultah :D Pengennya belajar buat bunga mawar, tapi nggak punya spuitnya :( jadinya bikin yang sesuai keadaan aja deh. Hihihi mungkin nggak mirip banget dengan contekannya yah :$ maklum ini baru edisi perdana bikin bunga-bungaan. Lagian pas bikin ini YouTube nggak bisa muter grrrrr jadi cuman liat gambarnya aja n kira-kira spuit apa yang dipake.

Bunga yang pertama aku bikin yang warna merah, aku pakai pewarna pasta Wilton (adanya itu). Tapi kayaknya kurang banyak tuh ngasihnya, pengennya sih merahnya kayak cabai gitu :( Aslinya menurut kerpekan tuh namanya "Chrysanthemum" tapi aku buat yang versi besarnya, karena stok buttercreamnya nggak begitu banyak. Gambar aslinya bisa dilihat disini.
Ceritanya ini salah beli mentega putih ... biasanya aku pakai yang merk "Merry Whip" teskturnya lebih halus dan mudah dispuit, tapi ini salah comot yang "Amanda" jadinya nggak mungkin aku pakai buat kue yang untuk dijual. Tekstur lebih padat dan nggak selicin Merry Whip :( susah nyetopnya waktu dispuit.

Bunga kedua yang warna biru, namanya "Bachelor Button". Nggak tahu deh kenapa dikasih nama begitu :D Contekannya ada disini, nggak mirip mungkin ya ? Semoga lain kali bisa lebih bagus lagi ya :)
Nah yang ketiga sudah pada tau kan ? Sunflower alias bunga matahari. Untuk daunnya kayaknya juga kurang ngejreng ya warnanya ... jadi tambah pucat waktu difoto :(
Untuk cakenya aku pakai cake cokelat aja, resep coba-coba ... ternyata enak juga :) Intip yuk !

Bahan :
  • 8 kuning telur
  • 3 butir putih telur
  • 120 gr gula pasir
  • 1 sdt ovalet
  • 85 gr tepung terigu
  • 15 gr cokelat bubuk noir (yang warna hitam)
  • 100 gr mentega, cairkan
  • buttercream secukupnya

Cara membuat :
  1. Kocok telur, gula pasir dan ovalet hingga mengembang. Tambahkan tepung terigu, cokelat bubuk, dan mentega cair. Tuang di loyang 20x20cm yang telah dioles margarin, oven hingga matang. 
  2. Angkat dan dinginkan cake, belah 2.
  3. Ambil selembar cake, oles dengan buttercream.
  4. Hias sesuai selera.

2 komentar:

  1. sempuitnya nomer berapa mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Ummi Tsabita Putri Aufa,

      Maksud mbak pake spuit Wilton ya ? Bunga merah n orange pake spuit no 81, bunga biru pake spuit no 18. Tapi ini saya pake spuit bisa kok :) Selamat mencoba! Jangan lupa ceritanya ya :)

      Hapus