Minggu, 16 Juni 2013

Nasi Kuning Istimewa


Sebelumnya aku sudah pernah ngepos Nasi Kuning Sederhana beberapa waktu lalu, tapi kali ini aku bikin yang agak komplit (hehehe nggak komplit-komplit amat). Rasa nasi kuning yang gurih bercampur wangi rempah-rempah selalu buat aku kangen ... soalnya kalau beli tuh rasanya nggak pas, belum tentu higienis juga kan buat anak ? Belum lagi mahal dan harus repot perginya ... mending bikin sendiri kan ya ? Biar bisa puassssss makannya, apalagi kalo pas kebetulan ada yang order juga hehehe. Resep nasi kuningnya lihat disini

Resepnya sama seperti yang sebelumnya, cuman bedanya aku pakai ayam pejantan kali ini ... bukan ayam broiler seperti biasanya. Untuk rasa tentu saja enakan ayam pejantan (karena ayam kampung lagi mahal Rp 35.000,- per ekor ukuran kecil ; ayam pejantan Rp 25.000,-) karena punya rasa dan aroma yang khas, sedangkan kalo ayam broiler tuh saya suka eneg dengan baunya waktu belum dimasak ... juga rasanya nggak begitu gurih kan. Untuk resep ayamnya klik disini

Mie gorengnya kali ini aku campurin udang kupas yang dicincang kecil-kecil dan sawi saja biar ekonomis, juga biar nggak terlalu lama motong-motongnya ... semuanya dikerjakan sendiri soalnya. Resep mie goreng ada disini

Sambal Goreng Kentangnya aku tambahin hati ayam aja, karena aku nggak suka sama hati sapi :( Nah ini dia masalahnya ... kalo aku mbakul tuh selalu disesuaikan dengan seleraku :D kecuali kalo customer ada permintaan khusus, baru diubah dari pakemnya hehehe. Resep sambal goreng kentang cek disini, cuman dagingnya diganti hati ayam :)

Untuk perkedel, kali ini daging gilingnya aku tumis sebentar supaya matang dan nggak gampang basi. Karena biasanya makanan yang bersentuhan langsung dengan tangan tuh kan gampang basi ... tentu saja saya minimalkan sentuhan langsung dengan tangan, biar kalo sampai di tempat customer nggak basi n tetep awet. Resep perkedel contek disini ya

Pelengkapnya cuman mentimun potong dan sambel terasi saja. Tetep harus pakai sambel ya biar nggak eneg makannya. Resep sambel cari tahu disini, tapi aku goreng lagi supaya awet.
Selamat mencoba !





2 komentar:

  1. Nasi kuningnyakomplit mbak, klo di palembang biasanya pake malbi(semur) daging plus bihun kecap....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya masih ditambah kering tempe kacang dan abon. Saya belum pernah makan nasi kuning Palembang malahan, tapi disini ada yang jual nasi putih sama malbi ... isinya telur, ayam, daging sapi dan bihun plus sambel

      Hapus