Minggu, 02 Juni 2013

Black Forest


Sudah lama banget pengen buat yang ini ... dulu sih pernah bikin pake resep Ny. Nila Chandra, tapi aku kurang sreg dengan rasanya. Mungkin karena resepnya ekonomis kali ya, jadi rasanya juga kurang lembut membelai lidah hehehe. Nah yang sekarang aku pakai banyak sekali kuning telur, modifikasi dari resep rollcake yang biasa aku pakai untuk bikin orderan ... kebetulan juga punya dark cherry kalengan yang sudah lama nangkring di lemari. Rencananya tempo hari mau bikin cheese cake yang model pie pake topping dark cherry, tapi penyelewengan sering terjadi :P akibatnya cream cheesenya udah habis duluan.

Kebetulan juga pas suami minta dibikinkan kue, pas ada dark cooking chocolate (banyak kebetulannya ya :D ) ... ya udah bikin ini aja deh, kan nggak ribet-ribet amat. Langsung tancap gas ke TBK untuk beli mentega putihnya aja, red cherry juga dah ada hehehe edisi memanfaatkan semua bahan yang ada daripada mubazir kan ya ? ;) Biasa deh kalo ke TBK tuh pengennya beli inilah itulah karena alasan takut kehabisan ... daripada pas butuh harus beli dulu. Tau kan macetnya bunderan Waru setiap harinya :( dan kalau kemana-mana pasti harus lewat situ, maklum rumahnya di pinggiran kota. Jadi perlu extra waktu n kesabaran kalau mau beli bahan. Kenapa aku nggak pilih toko-toko kecil dekat rumah ? Alasannya jelas dan berdasarkan pengalaman ... kadang barangnya lama, jauh lebih mahal, dan satu lagi nggak lengkap !

Karena untuk mentega putih aku pakai merk "Merry Whip" yang nggak dijual di toko sekitar rumah, tetep larinya ke Surabaya kan ya ? Sebelumnya aku pakai "Snow White" keluaran Blue Band, tapi belakangan aromanya berubah ... aku pikir mungkin ini stok lama, jadilah aku beli lagi di TBK lain. Ternyata mereka memang merubah aromanya, samar-samar seperti aroma buah pear hmmm jadi nggak begitu enak lagi dweh. Akhirnya aku selingkuh sama si "Merry Whip" yang menurut mbak di TBKnya memang paling enak. Harga sih nggak jauh beda ya, cuman lebih mahal sekitar 4 ribu per kilonya.

Kelebihan Merry Whip ini teksturnya lebih halus kalo dioles atau dispuit ... jadi cantik cakenya, waktu pengerjaannya pun lebih singkat. Sipppplah, cocok banget buat aku yang bukan tipe "telaten" dan punya banyak waktu  ( cieee sok sibuk :D ). Memang bagi sebagian orang mungkin nggak ekonomis ya, harga terakhir Rp 28.000,- per kilonya. Tapi yang penting rasanya mantab hehehe. Oh iya, aku pernah beli mentega putih Merry Whip ini di 2 toko berbeda ... kenapa yang satu lembek dan nggak butuh banyak cairan ya ? Sedangkan yang satu lebih buthek seperti lazimnya mentega putih lainnya hmmmm binun deh


Bahan Cake :
  • 20 btr kuning telur
  • 4 btr putih telur
  • 200 gr gula pasir
  • 2 sdm TBM
  • 200 gr tepung terigu
  • 50 gr cokelat bubuk
  • 200 gr mentega, cairkan

Bahan lainnya :
  • 1000 gr buttercream
  • 250 gr dark cooking chocolate, serut dengan peeler (pengupas wortel)
  • 1 buah dark cherry kalengan untuk filling, belah dua
  • cherry merah untuk hiasan

Cara membuat :
  1. Cake : Kocok semua telur, gula pasir dan TBM hingga mengembang. Tambahkan terigu, cokelat bubuk, dan mentega leleh, aduk rata. Tuang di 2 loyang ukuran 30 cm yang telah dioles margarin. Oven 180 derajat Celcius selama 15 menit hingga matang . Dinginkan.
  2. Ambil selembar cake, oles dengan buttercream. Taburkan dark cherry, tumpuk lagi dengan cake kedua, oles atasnya dengan buttercream dan hias sesuai selera.

Kali ini aku pakai dark cooking chocolate merk Colatta, rasanya sedikit lebih manis daripada yang merk Tulip ... harganya juga lebih ekonomis tanpa mengurangi mutu tentunya ya. Di pasaran banyak merk lain yang beredar, antara lain Mercolade, Theys, Chef Mate dan masih banyak lagi. Tapi aku paling cocok dengan Colatta dan Tulip :) Selamat mencoba ! Jangan lupa tuliskan ceritamu ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar