Rabu, 19 Juni 2013

Hot Dog


Resep rotinya sih sama dengan burger tempo hari cuman bentuknya aja yang beda, tapi di buku aslinya kok nggak pake pengembangan yang terakhir ya ? Yang 40 menit itu lho ... apa lupa ditulis atau gimana ya ? Soalnya resepnya sama persis. Tapi aku bikin sama persis kaya yang di burger aja, siapa tahu ada yang kelupaan. Rasanya sih enak dan empukkkkk :)

Ini masih foto edisi bulan lalu yang sempat tertunda ngeposnya ... abisnya males banget ngetik resepnya :( Maaf ya. Lagian udara pas nggak enak, sampai-sampai nggak kepengen makan nasi. Jadi aku buat ini agak banyakan ... untuk stok, karena semuanya doyan. Pilihan jitu kalo lagi males kan ya ? Bikin roti sekali, disimpan dalam kulkas ... tinggal dipanasin kalo mau makan. Eh tapi ini juga untuk bekal makan siang suami dan anakku juga lho ! Cihuy nggak usah lama-lama di dapur deh hehehe

Resepnya aku tulis lagi aja kali ya ...
Bahan :
  • 1000 gr tepung terigu protein tinggi
  • 120 gr gula pasir
  • 40 gr susu bubuk
  • 15 gr ragi instan
  • 20 gr garam
  • 600 ml air
  • 80 gr mentega putih

Cara membuat :
  1. Campurkan tepung, gula, susu, ragi, dan garam dalam mangkuk mikser. Aduk sampai tercampur rata. Tambahkan air dan mentega putih ke dalamnya, aduk sampai adonan menjadi kalis.
  2. Timbang adonan masing-masing 65 gram, lalu bulatkan. Biarkan mengembang selama 10 menit. Kempiskan dan bentuk lonjong. Susun di atas loyang yang dioles margarin dan biarkan mengembang selama 15 menit.
  3. Biarkan lagi adonan mengembang selama 40 menit.
  4. Setelah mengembang olesi permukaannya dengan air, lalu taburi wijen. Masukkan ke dalam oven yang telah dipanaskan, panggang pada suhu 220 derajat Celcius selama 20 menit, angkat, biarkan agak dingin. Lepaskan roti dari loyang, taruh di atas rak kawat hingga dingin.

Untuk 28 potong
Sumber "Roti" oleh Manfred Lange & Bogasari Baking Center

Tidak ada komentar:

Posting Komentar