Selasa, 16 April 2013

Bolu Kukus Kamboja / Roti Kukus


Meskipun saya bukan penggemar bolu kukus, pengen juga sesekali buat sambil nyobain resep-resep lain. Rasanya mayoritas sama, yaitu "manis" :) tapi kali ini resepnya menggunakan Fanta merah, jadi tertutupi bau amis kue ini ( karena menggunakan kuning + putih telur sekaligus ).

Yang membuat aku heran, kok mekarnya nggak sama kayak di gambar resep aslinya ya? Kalo di resepnya mekarnya cuman 4 kelopak, tapi melungker sampai ke bawah. Jadi memang agak mirip bunga Kamboja ... sedangkan punyaku mekrok semaunya sendiri :D Wes nggak apa-apalah, yang penting ngakak hehehe. Oh iya, resep asli aku ambil dari Tabloid KOKI edisi lama ... menurutku rasanya terlalu manis dan kurang lembut, jadi harus dioprek sedikit resepnya :)

Bahan :
  • 200 gr gula pasir (sebaiknya dikurangi, misalnya 150 gr saja)
  • 2 sdt SP (aku pakai 10 gr)
  • 275 gr tepung terigu protein sedang ( sebaiknya dikurangi, misal 225 gr)
  • 1 sdt susu bubuk
  • 2 btr telur
  • 200 ml air soda manis (aku pakai Fanta merah)
  • Pewarna merah secukupnya
  • 50 gr coklat masak putih (aku nggak pakai)

Cara membuat :
  1. Kocok semua bahan hingga mengembang dan kental (aku pake kecepatan tinggi 20 menit)
  2. Ambil 1/3 bagian adonan, tambahkan sedikit pewarna merah. Masukkan adonan masing-masing ke dalam plastik segitiga.
  3. Tuang adonan yang lebih muda ke dalam cetakan hingga 3/4 tinggi cup.
  4. Penuhi cup dengan adonan yang lebih tua.
  5. Kukus dengan api besar dan air yang benar-benar mendidih selama 20 menit.
  6. Angkat dan lepaskan dari cetakan segera.

Tips :
  • Jangan membuka panci pengukus sebelum waktunya agar bolu mekar sempurna.
  • Bungkus tutup panci dengan serbet agar uap air tidak menetes ke bolu

Untuk 20 buah (ukuran kecil)


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar