Sabtu, 13 April 2013

Japanese Roll Cake Cokelat Keju



Sudah sejak lama kepengen buat yang ini ... tapi kok males banget ya :D pake acara menggambar indah segala hihihi aku kan nggak bakat sama sekali soal yang satu ini. Padahal yang bikin menarik kan penampilannya. Akhirnya aku putuskan motif hati warna pink saja :) Pertama motif hati aku bikin kecil-kecil ... tapi kok nggak terlalu kelihatan bentuknya :( jadinya aku gedein aja sekalian biar jelas dan yang penting, nggak pake lama ;) Harap maklum ya kalau nggak rapi dan lurus motifnya :D soalnya aku kan bukan guru menggambar.

Kalau soal rasa, aku lebih suka roll cake yang biasa aku buat. Japanese Roll Cake ini teksturnya lembut agak kenyal (efek menggunakan banyak putih telur). Pas baru dikeluarkan dari oven, aromanya mirip dengan bolu kukus. Karena menggunakan minyak sayur (aku pakai minyak goreng) jadi warnanya tetep putih, beda dengan yang menggunakan mentega / margarin yang berwarna kekuningan dan gurih. Selain itu juga memakai vanili, jadi ada penambah aroma harumnya. Intinya, rasa cake ini manis, lembut, dan harum. Makanya untuk isi aku kombinasikan dengan buttercream, keju, dan coklat supaya kaya rasa. Intip resepnya yuk !

Bahan 1 :
  • 6 btr kuning telur
  • 75 gr gula pasir
  • 750ml minyak sayur
  • 110 ml air
  • 150 gr tepung terigu protein sedang
  • 1/4 sdt vanili bubuk

Bahan 2 :
  • 6 btr putih telur
  • 60 gr gula pasir
  • 2 sdt tepung maizena

Bahan 3 :
  • 1 btr putih telur
  • 2 sdt gula pasir
  • 1 sdt tepung maizena
  • 2 sdt tepung terigu protein sedang (dimasukkan belakangan)
  • pewarna

Lainnya :
  • Loyang ukuran 26x34x4 cm (aku pakai loyang ukuran 30x30x4 cm) yang dialasi baking paper
  • Buttercream secukupnya
  • Keju cheddar parut
  • cokelat meises

Cara membuat :
  1. Adonan 1 :
    Kocok kuning telur, vanili, dan gula pasir hingga pucat. Tambahkan minyak sayur dan air sedikit demi sedikit sambil dikocok dengan kecepatan rendah. Masukka tepung terigu, kocok hingga mengental.
  2. Adonan 2 :
    Kocok putih telur hingga setengah mengembang, tambahkan gula pasir sambil dikocok hingga rata. Masukkan tepung maizena, kocok hingga kaku.
  3. Adonan 3 :
    Proses sama dengan adonan 2
  4. Adonan hiasan :
    Ambil 2 sdm adonan 1, tambahkan tepung terigu (bahan3). Aduk rata. Tambahkan adonan 3, kocok kembali hingga kaku. Beri pewarna pink, masukkan ke dalalm piping bag.
  5. Campur sisa adonan 1 dan 2, aduk perlahan dengan spatula.
  6. Spuitkan adonan hiasan pada loyang, oven suhu 170 Celcius selama 1 menit hingga agak mengeras. Keluarkan.
  7. Tuang adonan cake ( no. 5) pada loyang, oven suhu 170 Celcius selama 20 menit hingga matang. Angkat dan biarkan uap panasnya hilang.
  8. Oles dengan buttercream, beri keju dan coklat. Gulung.

Resep ini aku ambil dari tabloid KOKI, tapi sudah aku rangkum supaya lebih enak dibaca. Karena waktu aku baca resep asli agak lama mudhengnya :D atau aku yang ga konsen kali ya ? Selamat mencoba !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar