Jumat, 09 November 2012

Apple Pie / Appeltaart




Seumur-umur aku belum pernah makan apple pie, apalagi buat ... penasaran juga yah. Iseng-iseng pergi ke Hokky eh kok nemu apel Batu gedeee banget, ya beli deh 5 biji ... sekalian sama beli buah buat anakku juga. Rasa asli apel Batu ini manis asem seger, nggak seempuk dan serenyah Fuji Sunmoon sih ... tapi enak menurutku, suamiku juga doyan. Resepnya nyontek dari buku resep Albertin Hoesni, tapi aku modif sedikit.

Untuk resep kulitnya sudah pernah aku muat di Fruit Tart. Jadinya pas untuk 1 loyang pie ukuran 24 cm. Karena aku nggak punya cetakan pie yang bisa dilepas bawahnya itu, aku pakai loyang bulat biasa aja deh jadinya. Jangan lupa oles dulu loyangnya dengan margarin ya.

Yang bikin aku nggak telaten n geregetan tuh pas buat pita-pita di atasnya, sering patah karena kan harus panjang ... padahal aku dah pakai bantuan pallet lho ! Akhirnya berhasil juga ... biar mengkilat, oles bagian atas pita dengan kuning telur.

Untuk isiannya, bahan yang diperlukan :
  • 3 buah apel ukuran besar, potong kasar
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdm air jeruk lemon
  • 50 gr gula halus

Aduk rata semua bahan diatas, siap dipakai untuk isi. Sebaiknya apel jangan terlalu besar dipotongnya, supaya bisa padat isiannya. Gunakan api sedang saja saat memanggang agar kulit tidak cepat gosong, karena memakan waktu agak lama untuk mematangkan bagian atasnya. Selamat mencoba !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar