Kamis, 03 Januari 2013

Cheesy Bitterballen


Akhirnya jadi juga bikin bitterballen ... resepnya aku ambil dari buku resep Sedap, tapi aku modif sedikit hehehe karena punya banyak stok aneka keju. Pertama kali makan ini di Excelso, rasanya biasa aja ... harganya yang luar biasa ! Terus liat postingan temen yang kebetulan domisili di Belanda hmmm tambah ngiler aja aku. Setelah lamaaaaaa banget aku baru dapet mood buatnya :D Kebetulan juga aku punya tepung panir kasar, jadilah ini salah satu suguhan yang kusumbangkan di pesta Tahun Baru di rumah sodara. Intip resepnya yuk !

Bahan :
  • 2 sdm margarin untuk menumis
  • 1/4 buah bawang bombay, cincang halus
  • 50 gr daging giling
  • 50 gr tepung terigu protein sedang
  • 150 ml susu cair
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1/4 sdt pala bubuk
  • 50 gr keju cheddar, parut
  • minyak untuk menggoreng
  • keju mozarella potong dadu untuk isi

Bahan pelapis :
  • 2 putih telur, kocok lepas
  • 50 gr tepung panir kasar

Cara membuat :
  1. Panaskan margarin. Tumis bawang bombay sampai harum. Masukkan daging giling. Aduk sampai berubah warna.
  2. Tambahkan tepung terigu. Aduk sampai berbutir. Tuang susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai licin.
  3. Bubuhi garam, merica bubuk, pala bubuk, dan keju cheddar parut. Aduk sampai meletup-letup. Angkat.
  4. Ambil sedikit adonan, beri isi keju mozarella. Bentuk bola-bola. Gulingkan ke tepung panir kasar. Celupkan ke putih telur. Gulingkan di atas tepung panir kasar.
  5. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang.

Jumlah 20 buah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar