Rabu, 23 Januari 2013

Talam Hunkwe Kacang Hijau


Dapet kiriman kacang hijau dari tetangga yang lagi panen nih ceritanya. Kliatannya seplastik kecil, pas direbus semua ternyata banyakkkkk jadinya. Sebagian aku buat bubur kacang hijau, sebagian lagi jadi nih talam :) Makasih ya Tante oleh-olehnya. Dan kebetulan, aku punya stok nangka hehehe pas kan ?

Karena semalem abis ujan, jadi males ke pasar karena becek :D Langsung aja ke warung terdekat beli santan instant. Kali ini aku pake merk "Kara" yang bentuk segitiga kecil itu lho, isinya 60 ml kalo nggak salah. Buat yuk !

Bahan :
  • 1 bks tepung hunkwe warna putih
  • 1 bks santan instant + air s/d 600 ml
  • 1 cup kacang hijau rebus
  • 1/2 sdt garam
  • 2 lbr daun pandan, robek-robek
  • gula pasir sesuai selera
  • 2 sdm nangka cincang

Cara membuat :
  1. Rebus semua bahan jadi satu kecuali nangka, sambil diaduk hingga meletup-letup.
  2. Tambahkan nangka, aduk rata. Matikan api.
  3. Tuang ke dalam cetakan putu ayu. Dinginkan.

Jangan lupa daun pandannya dibuang ya :P ntar ikutan masuk mulut deh :D Karena aku punya lebihan Kara, iseng-iseng aku bikin saus santan kemaren. Cuman ditambah air, garam, daun pandan, dan sedikit tepung maizena. Jadi deh ! Supaya berwarna-warni aku taburin nangka cincang :) Hmmmmm enakkk banget dan cepet lagi buatnya. Selamat mencoba !



Tidak ada komentar:

Posting Komentar