Rabu, 22 Agustus 2012

Krengsengan Daging & Ampela

krengsengan daging ampela

Bahan :
  • 500 gr daging sapi, potong dadu
  • 500 gr ampela ayam, potong 2 bagian
  • 30 buah cabai rawit
  • kecap manis, garam dan air secukupnya
  • minyak untuk menumis

Bumbu halus :
  •  5 siung bawang putih
  • 10 btr bawang merah
  • 1 buah cabai merah
  • 2 cm jahe
  • 5 btr kemiri
  • 1 sdt merica bubuk

Cara membuat :
  1. Tumis bumbu halus hingga matang dan tidak langu.
  2. Tambahkan daging sapi, cabai rawit dan kecap manis. Aduk hingga daging berubah warna.
  3. Tuang air secukupnya, masak hingga daging empuk dengan api sedang.
  4. Setelah daging empuk, tambahkan ampela dan garam. Masak dengan api kecil hingga ampela matang. Angkat dan sajikan.

Kalo makan sama yang satu ini nih, bisa habis 2 piring deh hehehe karena pedesss banget nih krengsengan. Biasanya aku tambahkan petai, berhubung sekarang ini petai banyak ulatnya dan mahallll banget jadi ya nggak aku pake. Dimakan sama nasi hangat n krupuk enak banget xixixi aku makannya pake krupuk rambak kerbau, jadi nggak gampang kesereten kan ??? sebagai pengimbang rasa pedesnya.
Oh ya, ini aku pake daging sapi "top side" karena nggak banyak lemaknya dan cepat empuk. Bahasa Indonesianya apa ya  ??? Kalo kecap manis, aku pilih kecap Bango karena lebih hitam. Ditambah kentang enak juga lho ! Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar