Rabu, 20 Maret 2013

Egg White Marble Cake


Sambungan edisi cake putih telur beberapa waktu lalu :D karena aku masih punya banyak banget nih, sayang kalau nggak diapa-apain. Bongkar-bongkar buku resep ... nemu buku resep Nila Chandra. Setelah dibaca-baca, ditimbang-timbang hehehe akhirnya aku putuskan buat cake ini.

Sebenernya cake ini lumayan enak, cuman terlalu padat dan manis menurutku, jadi sebaiknya kalau buat lagi dikurangin gula dan tepung terigunya. Untuk mengurangi rasa amis putih telur, aku tambahkan pasta pandan pada adonan kuningnya. Dan pada adonan coklatnya yang seharusnya pakai coklat bubuk juga, berhubung stok lagi kosong ... aku pakai coklat pastanya aja, makanya nggak begitu gelap hasilnya.

Waktu manggangnya aku tinggal-tinggal hihihi alhasil aku nggak tahu kalau suhunya naik sampai 200 derajat Celcius :D Cakenya jadi meninggi di bagian tengah dan merekah dikit. Nah waktu dicek lagi baru ketahuan, aku tusuk pakai lidi tengahnya ... ternyata belum matang :P aku kecilkan apinya sampai suhu 150 derajat saja supaya nggak gosong, karena cake putih telur memang lebih lama matangnya ketimbang cake yang menggunakan kuning telur.

Aslinya kue ini dihias dengan buttercream putih dan permen mutiara silver, jadi kelihatan cantik ... tapi aku nggak terlalu suka manis jadinya aku biarkan polos saja.

Bahan :
  • 350 cc putih telur
  • 200 gr gula castor (sebaiknya dikurangi, 125 gr misalnya)
  • 1 sdt cream of tartar
  • 175 gr tepung terigu (sebaiknya dikurangi, 125 gr misalnya)
  • 2 sdm susu bubuk (campur dengan tepung terigu)
  • 200 gr margarin, cairkan
  • 1 sdt esens vanili

Untuk kombinasi :
  • 1 sdm coklat bubuk, ayak (aku nggak pake)
  • 1 sdt pasta coklat
  • pasta pandan (aku tambahkan sendiri)

Cara membuat :
  1. Kocok putih telur  sampai berbusa, masukkan gula dan cream of tartar sedikit demi sedikit sambil dikocok hingga kental dan setengah kaku (jangan terlalu lama mengocok).
  2. Masukkan terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk hati-hati dengan spatula hingga rata.
  3. Masukkan margarin cair sedikit demi sedikit sambil diaduk hati-hati dengan spatula. Masukkan esens vanili, aduk rata.
  4. Bagi adonan 1/3 dan 2/3. Yang 1/3 beri coklat bubuk dan pasta coklat. Yang 2/3 tambahkan pasta pandan ( aku terbalik, yang 2/3 coklat)
  5. Tuang adonan ke dalam loyang bundar ukuran 24 cm yang dioles margarin dan ditabur tepung terigu (aku pakai loyang 20 cm) berselang-seling sampai adonan habis.
  6. Panggang dalam oven suhu 180 derajat Celcius hingga matang.
  7. Angkat, keluarkan dari loyang dan dinginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar