Rabu, 08 Mei 2013

UJI RESEP SEDAP : Chiffon Cheese Cake



Dari beberapa minggu yang lalu beli cetakan chiffon, belum juga sempat buat hehehe biasa penyakit malesnya kumat :D Belum pernah bikin sebelumnya ( kalo makan sih sering xixixi ) ... kebetulan punya sedikit cream cheese, pas dengan resep yang aku temukan di buku resep Sedap. Pertama bikin nggak sempet foto-foto dah laris manis, selang beberapa hari aku buat lagi deh :)

Seharusnya di buku resep pakai loyang chiffon ukuran 20 cm ... berhubung pas belinya cuman ada yang 24 cm, daripada aku "menclok" ke tempat lain lagi :D aku beli yang ada saja, lagi males bermacet-macet ria. Makanya jangan heran kalau cakenya jadi kurang tinggi, nggak kayak kalau kita beli di toko :D Tapi yang penting rasanya kan ya ?

Teksturnya halus dan lentur sekali cake ini, ditambah aroma kejunya hmmmm enak banget baunya pas masih di oven. Karena aku punya banyak stok almond slice, iseng-iseng aku tambahkan aja sebagai taburan di atasnya. Ternyata keju dan kacang cocok juga, sebagai penambah rasa gurih tentunya. Rasanya juga sangat enak lho ! Nggak terlalu manis, pas sekali buat aku yang nggak terlalu suka manis. Kejunya juga terasa banget walaupun pakainya cuma 50 gram saja. Buat yuk :)

Bahan :
  • 115 gr tepung terigu
  • 1/2 sdt baking powder
  • 25 gr gula pasir
  • 75 ml susu cair
  • 50 gr cream cheese
  • 60 gr minyak goreng
  • 5 kuning telur
  • 7 putih telur
  • 1/4 sdt garam
  • 1/2 sdt cream of tartar
  • 100 gr gula pasir
  • 20 gr keju cheddar parut untuk taburan

Cara membuat :
  1. Ayak tepung terigu dan baking powder, tambahkan gula pasir. Aduk rata, sisihkan.
  2. Panaskan susu cair, masukkan cream cheese. Aduk sampai keju larut, tambahkan minyak goreng. Aduk rata.
  3. Tuang sedikit-sedikit ke dalam campuran tepung terigu sambil diaduk rata. Tambahkan kuning telur, aduk rata dan sisihkan.
  4. Kocok putih telur, garam, dan cream of tartar sampai setengah mengembang. Tambahkan gula pasir sedikit-sedikit sambil dikocok hingga mengembang.
  5. Tuang sedikit-sedikit ke dalam campuran tepung terigu sambil diaduk perlahan.
  6. Tuang di loyang chiffon tanpa dioles margarin. Tabur keju cheddar parut.
  7. Oven 65 menit suhu 160 derajat Celcius sampai matang.
  8. Setelah matang,balikkan loyang di atas botol, biarkan hingga dingin. Setelah dingin, keluarkan dari cetakan, potong-potong.

Yang belum bisa rapi adalah waktu melepaskan cake dari loyangnya, agak berantakan pinggirnya :D Maklum baru pemula buat chiffon cake hehehe lagian aku bukan orang yang super telaten, jadi aku pakai bantuan pisau untuk nglepasinnya. Kalau untuk motongnya, aku pakai pisau tart yang bergerigi supaya hasilnya lebih cantik. Selamat mencoba !

Untuk : 16 potong







Tidak ada komentar:

Posting Komentar