Senin, 31 Maret 2014

LEMON SWISSROLL



Resep ini aku ambil dari buku "Kreasi Bolu Gulung" punya Sedap ... judul aslinya "Bolu Gulung ala Chiffon". Cuman, karena aku punya sisa jeruk lemon buat masak ikan tempo hari dan mubazir kalo dibuang (lemon kan lagi jual mahal Rp 70.000,- sekilo) jadinya ya aku pakai saja. Lemonnnya sih cuma satu aja :D tapi berhubung ini jenis rollcake, jadi cukuplah untuk aroma dan rasa lemon yang kuat. Apalagi untuk fillingnya aku pakai "Lemon Flavoured Compound Chocolate" punya Colatta, tambah tajam aja deh rasa lemonnya.

Oh iya, resep ini sudah aku ubah sebagian sehingga jadi lebih ekonomis ^_^ Jadi selain enak dan lembut, juga sangat cocok untuk bakulan atau cemilan tanggal tua :D Tinggal menyesuaikan rasanya aja, kan nggak harus pakai si lemon yang lagi jual mahal ini. Tempo hari aku pernah buat yang rasa green tea ... harusnya kan pakai loyang ukuran 28cm, nah karena aku nggak punya :( aku pakai aja yang ukuran 26 cm. Hasilnya ? Terlalu tebal dan susah digulung uhmm. Jadi kali ini aku pakai loyang ukuran 30 cm aja biar aman.

Bahan :
  • 125 gr tepung terigu protein rendah
  • 50 gr gula pasir halus
  • 75 gr minyak goreng
  • 100 ml susu cair ( aku ganti dengan air jeruk lemon 1 buah + air )
  • 5 kuning telur
  • 5 putih telur
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt cream of tartar
  • 75 gr gula pasir ( terlalu manis buat aku, sebaiknya pakai 50 gr aja )
  • 75 gr selai jeruk untuk olesan ( aku pakai 75 gr Lemon Flavoured Compound Chocolate yang ditim )
  • lemon zest daari 1 buah jeruk lemon ( karena aku mau rasa lemon )

Cara membuat :
  1. Ayak tepung terigu. Tambahkan gula pasir halus, aduk rata.
  2. Campur minyak goreng dan campuran air jeruk lemon sampai rata. Tuang ke campuran terigu sedikit-sedikit sambil diaduk rata.
  3. Tambahkan kuning telur. Aduk rata. Sisihkan.
  4. Kocok putih telur, garam, dan cream of tartar sampai setengah mengembang. Tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil dikocok sampai mengembang.
  5. Tuang ke campuran tepung terigu sedikit - sedikit sambil diaduk perlahan. Tambahkan lemon zest, aduk asal saja.
  6. Tuang di loyang 28x28x4 cm yang telah dialas kertas roti tanpa dioles margarin.
  7. Oven 30 menit dengan suhu 180 derajat Celcius.
  8. Oles cake dengan cokelat tim. Gulung dan padatkan.

Keterangan :
Lemon zest adalah parutan kulit jeruk lemon. Hati-hati waktu memarut, jangan sampai terkena bagian putihnya karena akan menghasilkan rasa pahit.

Tips :
Wadah yang digunakan untuk mengocok putih telur harus bersih ( bebas minyak ), agar putih telur dapat mengembang sempurna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar