Selasa, 25 Maret 2014

SOFT BREAD / ROTI MANIS






Resep ini sudah pernah dimuat sebelumnya ya teman-teman ^_^ Cuman mau pamer piranti sajinya saja hehehe

Tempo hari ke Arlisah toko cetakan kue ... maunya sih cari cetakan nastaart edisi premium, yang klasik gitu bentuknya. Tapi seperti biasa, jadi lapar mata :$ dan terjadilah banyak pelanggaran :D (padahal cetakan nastaartnya lagi kosong) Liat teko jadoel ini jadi kepengen deh ngalahin orang hamil yang lagi ngidam :P secara aku tuh suka banget yang tempo doeloe, beli deh akhirnya. Harganya Rp 26.000,- saja

Untuk talam kayu bulat mini itu juga beli barengan sama tekonya ... harganya Rp 5.000,- kalo nggak salah. Imoet kan ? Dulu pas tinggal sama tante, aku pengen banget punya nampan kayu ... tapi belakangan aku liat di toko kok warnanya jelek banget :( Ada yang terlalu terang kekuningan, ada yang warna cokelatnya agak aneh juga hiks hiks. Nah kebetulan pas di Arlisah ini warnanya mendekati yang model jaman baheula itu, nyomot deh satu :D Oh iya, waktu pertama KFC buka di Surabaya sekitar tahun 1987-an ... saya masih SD pas itu, mereka pake nampan kayu ini lho ^_^ dan punya tante saya mirip banget. Saya masih ingat betul, nampannya bentuk persegi dan melengkung di ujungnya.

Jadi OOT deh dari resep :$ untuk resep roti manisnya, klik disini. Cara membuatnya nggak seribet kelihatannya kok, cuman harus sabar aja :) Ini edisi anak saya yang sedang menagih janji untuk dibuatin roti melt (roti yang diisi keju easy melt, tapi kali ini dipake topping saja ya). Si kecil kadang protes waktu saya bikin pesanan orang  ... soalnya dia kebagian 1-2 biji saja :D kuraaaang katanya :P Maklum, dia nggak selalu makan nasi meskipun sudah SD. Menurun dari saya kali ya (ketahuan deh :$) kalau mulai rewel makannya, berarti harus ganti menu yang tanpa nasi ... misalnya makaroni, lasagna, mie ayam, mie goreng, pizza, burger, hotdog, sandwich, dan masih banyak lagi.

Cara mempertahankan kualitas roti sangat penting disini, apalagi kalau nggak bisa ngabisin roti dalam sehari. Solusi gampang untuk memperpanjang empuknya roti bisa digunakan "BREAD IMPROVER" yang dipasaran biasanya bermerk BAKER BONUS. Solusi lainnya adalah menambah jumlah kuning telur dalam dough dan mengurangi jumlah air es yang dipakai :) Cara pengemasan juga sangat penting ya teman-teman. Usahakan setelah matang dan dingin, langsung masukkan ke dalam plastik berperekat dan simpan di tempat yang sejuk. Nah, selamat mencoba ! Jangan lupa posting ceritanya ya :)

2 komentar:

  1. hi mba...salam kenal..
    wah ga nyangka nih mba..ternyata jago masak dan buat kue ya...
    tadi aku sempat lihat galery mba..aduh jadi ngiler...
    mba tinggal di surabaya ya? di daerah mana?
    aku dulu sempat tinggal di surabaya mba..hadeuh jadi kangen surabaya...
    dulu aku kos di daerah gebang sukolilo secara dekat dgn kampus...

    wah mba..rotinya imut banget...trs fotonya juga bagus..
    aku sempat lihat resep ikan bakar madunya..jadi ngiler..kapan-kapan mau coba ya mba..izin ya..
    thanks...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mbak Monica :) salam kenal juga
      iseng-iseng aja kok mbak ... daripada nganggur
      saya tinggal di pinggiran Surabaya
      sebenarnya rotinya nggak imoet, mungkin efek foto aja ... ini juga cuman pake HP
      silahkan kalau mau coba, ceritain hasilnya ya

      salam,
      dapoer-imoet

      Hapus