Sabtu, 29 September 2012

Kue Otok-otok




Judul aslinya di buku resep Sedap sih "Roti Goreng Kacang Hijau" dilapisi tepung panir seperti risoles ... tapi ini aku modif seperti jajanan waktu aku kecil dulu. Kangennn banget, berhubung  sekarang yang dijual diisi selai asal saja jadi ya terpaksa aku buat sendiri deh. Sebenernya dulu yang aku makan isinya kacang hijau yang nggak dikupas, tapi sekarang biar rapi aku pake kacang hijau telanjang aja deh hehehe. Sekalinya bikin, rasanya pas banget ... ga sia-sia deh usahaku.

Bahan roti :
  • 300 gr tepung terigu protein tinggi
  • 11/2 sdt ragi instan
  • 15 gr susu bubuk
  • 1/2 sdt baking powder
  • 30 gr gula pasir
  • 1 btr telur
  • 1 kuning telur
  • 110 ml air es
  • 50 gr margarin
  • 1 sdt garam
  • minyak padat untuk menggoreng

Bahan isi :
  • 100 gr kacang hijau kupas, rendam 1 jam
  •  1 lbr daun pandan
  • 75 gr gula pasir halus
  • 200 ml santan dari 1/4 butir kelapa
  • 1/4 sdt garam

Bahan pelapis :
  • gula halus

Cara membuat :
  1. Isi, kukus kacang hijau 20 menit sampai mekar. Blender kacang hijau dan santan. Tuang dalam panci.
  2. Masukkan daun pandan, gula pasir, dan garam. Masak sambil diaduk sampai kalis. Sisihkan.
  3. Kulit, campur tepung, ragi instan, susu bubuk, gula pasir, dan baking powder. Aduk rata.
  4. Masukkan telur dan air es sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis. Tambahkan margarin dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 30 menit.
  5. Kempiskan adonan. Timbang masing-masing 15 gram. Bentuk bulat. Diamkan 10 menit.
  6. Pipihkan. Beri isi. Bentuk bulat pipih. Letakkan di loyang yang ditabur tipis tepung terigu. Diamkan 20 menit.
  7. Goreng dalalm minyak padat yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang. Dinginkan.
  8. Celupkan ke dalam gula halus. Hidangkan segera.

 Untuk 37 buah

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar